Yakobus Suhartono Founder dari Goblogpedia.com. Aktif didunia blogging dan merilis produk digital Indonesia yaitu Sablengdigital.com. Saat ini juga aktif menjalankan toko online.

Tutorial Membuat Facebook Ads, Ternyata Cukup Mudah!

1 min read

Tutorial Membuat Facebook Ads

Tutorial Membuat Facebook Ads, Ternyata Cukup Mudah! – Saat ini menggunakan media sosial sebagai ladang untuk membangun bisnis, bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak jenis yang bisa Anda pilih, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter dan yang lainnya. Anda bisa beriklan dan mempromosikan produk yang Anda jual baik dengan mengoptimasikan akun pribadi atau dengan menggunakan fasilitas iklan yang disediakan.

Untuk Facebook sendiri, ada fitur Facebook Ads atau biasa disebut FB Ads. Fitur yang rilis pada tahun 2010 ini sangat bermanfaat dan cukup mudah untuk digunakan. Kemudian bila bicara tentang biaya, ada dua cara yang bisa Anda gunakan, yaitu dengan metode CPC (Cost Per Click) atau CTM (Cost Per-1000 Impression atau Cost per Mille).

Kemudian bagaimana cara membuat FB ads, agar Anda bisa memulai untuk meningkatkan omset melalui sosial media yang satu ini, berikut ini tutorialnya;

Facebook Pages

Tutorial membuat Facebook ads dimulai dengan membuat Facebook Page terlebih dahulu. Di halaman ini, Anda akan diminta memilih kategori bisnis, kemudian dilanjutkan dengan mengisi sejumlah data diri seperti menyertakan nomor telepon dan alamat. Selanjutnya pastikan Anda tidak lupa untuk mengunggah foto profile, memasang foto sampul untuk menarik pengunjung.

Facebook Ads manager

Langkah berikutnya setelah selesai dengan Facebook Pages, Anda bisa langsung masuk ke menu Ads Manager, kemudian tekan tombol “Buat Iklan”, setelah itu Anda akan dibawa ke halaman pengaturan Facebook Ads. Di sini Anda akan diberi beberapa opsi, mulai dari bagaimana Anda akan mengkampanyekan iklan.

Kemudian menentukan tujuan iklan berdasarkan Kesadaran, Pertimbangan juga Konversi. Pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan dan target iklan Anda. Setelah selesai dengan pemilihan tujuan iklan, Anda akan diminta kembali memilih dua jenis pilihan iklan, yang pertama yaitu Uji Split dan yang kedua, Pengoptimalan Anggaran Kampanye.

Selanjutnya langkah yang harus Anda tentukan pada tutorial facebook Ads adalah, memilih mesia yang akan dikunjungi oleh audiens, apakah website, aplikasi, Messenger atau WhatsApp. Kemudian jangan lupa untuk menekan tombol aktif untuk menampilkan promo dan memilih target audiens.

Berikutnya menentukan penempatan iklan, memilih jadwal berapa lama iklan Anda akan tampil, hingga menentukan format iklan Facebook, apakah menggunakan gambar tunggal, karosel, video tunggal atau tayangan slide (koleksi). Kemudian Anda harus meng-upload gambar yang akan digunakan untuk beriklan.

Setelah menentukan gambar, sebaiknya Anda juga menyertakan deskripsi singkat pada kolom “Teks Utama”. Berikan judul dan keterangan lainnya bila diperlukan. Langkah terakhir di tutorial Facebook Ads adalah memilih destinasi iklan serta buat Call To Action (CTA) pada bagian “Ajakan Bertindak” dan tekan tombol konfirmasi.

Pembayaran

Selanjutnya adalah sesi pembayaran, di mana Anda bisa memilih menggunakan kartu kredit atau debit atau melalui transfer bank. Simak baik-baik informasi yang diberikan oleh Facebook. Di sini Facebook akan menentukan sejumlah tagihan yang harus Anda selesaikan.

Biaya yang dikenakan pada masing-masing pengguna Facebook Ads tentu berbeda, semua bergantung pada informasi dan iklan apa yang akan ditampilkan. Setelah melakukan pembayaran, Facebook akan melakukan review terhadap iklan yang Anda ajukan. Baru setelah iklan memenuhi syarat dan ketentuan yang sesuai makan iklanpun bisa segera tayang.

Itulah tutorial membuat Facebook ads yang perlu bisa Anda ikuti. Selesai dengan memasang iklan, langkah selanjutnya yang perlu lakukan adalah dengan mengoptimasikannya. Salah satunya adalah dengan memperhatikan performa iklan itu sendiri, di mana Anda bisa menghentikan sejenak atau stop tayangan iklan dan menggantinya dengan yang baru untuk meningkatkan CTR (Click Trough Rate) yang tinggi.

Yakobus Suhartono Founder dari Goblogpedia.com. Aktif didunia blogging dan merilis produk digital Indonesia yaitu Sablengdigital.com. Saat ini juga aktif menjalankan toko online.

Yuk, berikan komentar positif kamu untuk mendukung situs ini ya