Putri Ani As a content writer, Putri always tries to help people in scaling up their competencies about Blogging, SEO, Inspiration and digital marketing through the simplest way.

Panduan Riset Keyword SEO Secara Manual

1 min read

Panduan Riset Keyword SEO

Panduan riset keyword – Salah satu teknik SEO yang paling penting untuk dilakukan adalah meriset keyword. Dengan meriset keyword akan memudahkan anda dalam membuat konten atau artikel.

Banyak dari mereka yang kebingungan mengenai cara untuk meriset keyword.

Bila tidak mengetahui cara untuk melakukannya, kemungkinan besar anda akan membuat satu artikel saja dalam waktu yang lama.

Dalam meriset keyword, terdapat salah satu cara yang dapat dilakukan secara manual. Meriset keyword secara manual tentu akan lebih mudah tanpa memerlukan bantuan tools tambahan.

Untuk melakukannya, berikut ini adalah beberapa panduan meriset keyword secara manual yang harus anda ketahui!

  • Menentukan Ide Yang Minim Pesaing

Riset keyword yang dapat anda lakukan pertama adalah dengan menentukan ide yang minim pesaing. Ketika anda baru saja membuat blog baru, sebaiknya anda gunakan langkah yang satu ini terlebih dahulu. Keyword yang minim pesaing akan berpotensi untuk naik rangking pertama Google.

Berbeda jika anda membuat artikel yang sudah ada, kemudian anda copas keyword tersebut. Potensi untuk berada di halaman pertama tentu sangatlah sulit. Ide yang minim pesaing menjadi salah satu pilihan yang paling tepat untuk anda lakukan dalam mereset keyword.

  • Melalui Pencarian Google

Salah satu cara yang paling mudah untuk anda lakukan dalam melakukan riset keyword adalah melalui mesin pencari Google. Ketika anda sudah menemukan ide dalam membuat artikel, anda bisa mengeceknya dengan cara menulis di kolom pencarian Google.

Apabila keyword tersebut terdapat berbagai macam referensi keyword lainnya berarti efektif untuk anda terapkan. Anda bisa membuat konten melalui keyword yang sudah disurvei melalui mesin pencari Google.

Cara ini sangat efektif untuk anda lakukan agar konten anda berpotensi dicari oleh banyak orang.

  • Saran Kata Kunci

Tips yang selanjutnya bisa anda lakukan untuk melakukan riset keyword adalah dengan cara saran kata kunci. Dalam hal ini sama halnya sebuah sinonim dari ide yang sudah anda pikirkan dalam melakukan riset kata kunci.

Seperti halnya anda akan membuat konten “Harga Smartphone” maka anda bisa membuat riset keyword lainnya seperti “Harga Smartphone Terbaru, Harga Smartphone Bekas, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan saran kata kunci tentu akan membuat pilihan anda lebih efektif pada konten yang akan dibuat. Sehingga, isi artikel yang ditulis nantinya akan lebih fokus menjelaskan tentang keyword yang akan dibuat. Cara ini sangat mudah untuk anda terapkan.

  • SERP

Search Engine Result Page merupakan salah satu cara yang dapat anda gunakan untuk melakukan riset keyword dengan mudah. Dengan bantuan SERP akan menemukan keyword yang berada di posisi paling atas. Anda bisa mengetahui kualitas-kualitas keyword yang berada di halaman pertama Google.

Disini anda bisa mencoba untuk menerapkannya pada konten artikel yang akan dibuat. Anda bisa mencari ide keyword yang berpotensi untuk mengembangkan blog anda. Salah satunya adalah dengan cara melihat keyword yang belum banyak ditulis di Google.

Selain itu, ad acara lain yang dapat anda lakukan untuk melakukan riset keyword dengan bantuan tools. Beberapa tools yang dapat digunakan seperti Ubbersuggest, MOZ, Google Trends, dan lain sebagainya. Pastikan anda menggunakan tools yang gratis supaya tidak menguras keuangan anda.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan riset keyword dengan mudah. Dengan menggunakan cara tersebut pastinya akan membuat bisa meriset keyword sesuai standar SEO.

Putri Ani As a content writer, Putri always tries to help people in scaling up their competencies about Blogging, SEO, Inspiration and digital marketing through the simplest way.

Yuk, berikan komentar positif kamu untuk mendukung situs ini ya