Yakobus Suhartono Founder dari Goblogpedia.com. Aktif didunia blogging dan merilis produk digital Indonesia yaitu Sablengdigital.com. Saat ini juga aktif menjalankan toko online.

Install Plugin Wajib untuk WordPress

1 min read

Install Plugin Wajib Wordpress

Plugin merupakan pelengkap sebuah web WordPress. Jika kamu sudah melakukan tahapan proses installasi wordpress bahkan sudah mencoba membuat artikel pertama di wordpress, alangkah baiknya kamu sembari siapkan plugin wajib wordpress untuk website kamu agar lebih optimal.

Ada banyak sekali plugin untuk kebutuhan website kamu. Dalam list situs wordpress ada sekitar 59.000 plugin wordpress lho. Coba lihat apa saja plugin wordpressnya disini. Tentu banyak developer atau pengembang membuat plugin untuk tujuan berbagi (gratis) namun banyak juga yang membuat plugin berbayar yang tujuannya memang dikomersialkan.

Banyak plugin tentu juga membuat kamu semakin bingung, plugin mana yang wajib diinstall dan seharusnya ada di web kamu saat ini. Untuk itulah kami memberikan tips beberapa plugin wajib wordpress yang perlu bahkan segera kamu install.

Berikut Plugin Wajib WordPress yang harus segera kamu install

Yoast SEO

Plugin ini menjadi plugin andala bagi para conten writer untuk web. Fitur Yoast sangat komplit untuk masalah SEO (Search Engine Optimation). Kamu bisa menggunakan plugin ini untuk web wordpress. Tang tersedia versi gratis kok. Namun jika kamu ingin lebih optimal silahkan upgrade ke pro (berbayar). Adakah alternative lain selain Yoast? Ya, kamu bisa menggunakan plugin All In One SEO Pack. Silahkan download Yoast disni dan All In One SEO Pack disini.

Really Simple SSL

Really Simple SSL juga disarankan kamu install. Plugin ini untuk memastikan bahwa website kamu full SSL. Walaupun domain sudah SSL biasanya ada beberapa script theme wordpress kamu belum SSL baik itu link css maupun javascript. Biasanya masih menggunakan http. Untuk itu menambahkan Really Simple SSL sangat direkomendasikan. Download Really Simple SSL disini.

a3 Lazy Load

a3 Lazy Load direkomendasikan karena dapat membantu optimalkan kecepatan website kamu (load time). Kecepatan akses web menjadi penting untuk pengunjung kamu. Sebaik apapun web dan kontennya kalau websitenya lambat tentu akan mudah sekali website kamu ditinggalkan. Pengunjung pada dasarnya ingin memperoleh informasi secara cepat. Maka posisikan diri kamu sebagai pengunjung untuk mengoptimalkan web kamu sudah optimal atau belum. Download a3 lazy Load disini.

WP-Optimize – Clean, Compress, Cache

Plugin ini bagi kami juga wajib diinstall, agar web lebih optimal. Resource terbesar dalam web biasanya pada image. Plugin ini mampu mengcompress ukuran/size image tanpa mengurangi resulusi. Jadi plugin ini sangat tepat untuk mengoptimalkan image yang berada di galery website kamu. Download Wp-Optimize disini.

Setelah mengetahui plugin wajib wordpress, lalu bagaimana cara menginstallnya?

Pastikan kamu sudah mendownload plugin tersebut ya, dan silahkan ikuti panduan cara menginstall plugin wordpress dibawah ini. Kamu cukup ikuti 1 langkah saja dan selebihnya kamu bisa install plugin lainnya diatas. Pada dasarnya install plugin sama saja.

Install Plugin

Silahkan masuk ke admin dasboard website kamu, kemudian klik plugins dan klik Add New

Selanjutnya Upload Plugin dan cari file plugin yang sudah kamu download sebelumnya dan kemudian klik Install Now.

Setelah klik Install Now maka plugin akan diinstall dan klik

Tahap terakhir klik Activate maka plugin sudah aktif. Langkah ini berlaku untuk install semua plugin ya. Jadi silahkan dipraktekan dan kalau menemukan kendala dalam proses installasi plugin silahkan berkomentar dibawah ini. Selamat belajar

Yakobus Suhartono Founder dari Goblogpedia.com. Aktif didunia blogging dan merilis produk digital Indonesia yaitu Sablengdigital.com. Saat ini juga aktif menjalankan toko online.

Yuk, berikan komentar positif kamu untuk mendukung situs ini ya