Yakobus Suhartono Founder dari Goblogpedia.com. Aktif didunia blogging dan merilis produk digital Indonesia yaitu Sablengdigital.com. Saat ini juga aktif menjalankan toko online.

Cara Install Plugin WordPress Secara Lengkap

2 min read

Panduan Install Plugin Wordpress

Cara Install Plugin WordPress – Pada artikel kali ini saya akan membuat panduan lengkap cara install plugin WordPress. Tutorial ini tentu saja di peruntukkan buat pengguna WordPress yang masih baru belajar memakai WordPress, di web goblogpedia sebenarnya telah membahas tutorial yang jauh lebih mendalam tentang WordPress, tetapi ternyata terdapat tutorial dasar yang masih belum di bahas di mari. Tutorial ini dibuat karna seringnya pengunjung goblogpedia yang masih baru belajar serta menanyakan bagaimana cara install plugin, serta mengapa tidak Ada menu plugin pada dashboard WordPress mereka.

Untuk menanggapi permasalahan tersebut disini saya akan membuat panduannya secara lengkap. Perlu Kamu tahu setelah menginstal WordPress, hal pertama yang perlu dilakukan oleh tiap pemula yang baru belajar yakni bagaimana untuk menginstal plugin WordPress. Tutorial ini pasti sangat berarti karna plugin memungkinkan Kamu untuk meningkatkan fitur baru untuk WordPress seperti menambahkan galeri, slideshow, dll sehingga web WordPress Kamu menjadi lebih powerfull. Terdapat ribuan plugin free serta pula berbayar tersedia untuk WordPress.

Baca juga : Membuat Website Dengan WordPress [Installasi]

Sebelum mengawali perlu Kamu tahu jika Kamu memakai WordPress.com ataupun WordPress free, hingga Kamu tidak bisa menginstal plugin. Saya sering memperoleh keluhan dari pengguna yang menanyakan mengapa mereka tidak bisa melihat menu plugin di dashboard WordPress mereka. Hal ini sebab Kamu memakai WordPress. com, yang mempunyai keterbatasan.

Untuk memakai plugin, Kamu perlu menggunakan WordPress Self- hosted( Lihat perbedaan antara WordPress self hosted vs WordPress. com).

Cara Install Plugin WordPress Lengkap

Dalam menginstal plugin WordPress, saya akan menjabarkan secara lengkap dengan menggunakan 2 metode saja sebenarnya ada 3 lho, namun yang sering orang dan saya lakukan. yakni metode pencarian atau search lewat admin WordPress dan meng- upload plugin WordPress dari admin WordPress.

  1. Menginstal Plugin menggunakan WordPress Plugin Search

Cara pertama yang akan saya bahas disini ialah cara termudah buat menginstal plugin WordPress, sebab Kamu hanya dengan memakai pencarian Plugin. Tetapi cara ini hanya berlaku bila Kamu mau menginstall plugin free dari direktori plugins WordPress.

Caranya silahkan login ke admin WordPress Kamu dan masuk ke menu Plugins» Add New.

Kamu akan melihat halaman seperti pada gambar di atas. Cari plugin dengan mengetikkan nama plugin ataupun fungsi yang mau Kamu cari, seperti pada contoh diatas saya akan menginstall plugin Yoast SEO, hingga dalam kolom pencarian aku ketikkan Yoast SEO. Sehabis itu, Kamu akan melihat listing seperti contoh di bawah:

Kamu bisa memilah plugin yang terbaik buat Kamu. Sebab dalam pencarian dalam hasil pencarian yang di tampilkan terdapat nama yang nyaris mirip serta Kamu wajib melihat rating serta jumlah orang yang memakai plugin tersebut, bila Kamu telah yakin dengan plugin tersebut selanjutnya klik tombol‘ Install Now‘.

WordPress sekarang akan men- download serta menginstal plugin di web Kamu. Silahkan tunggu beberapa saat hingga Kamu melihat melihat informasi sukses dengan link untuk mengaktifkan plugin ataupun kembali ke Plugin installer.

Baca juga : Install Plugin Wajib untuk WordPress

Sebuah plugin WordPress dapat diinstal pada web Kamu, namun itu tidak akan bekerja bila Kamu tidak mengaktifkannya. Jadi klik link“ Activate Plugin” untuk mengaktifkan plugin di web WordPress Kamu. Saat ini Kamu sudah sukses menginstal plugin WordPress pertama Kamu.

Langkah berikutnya yakni mengkonfigurasi pengaturan plugin. Tiap plugin yang Kamu install akan berbeda, ada plugin yang terdapat menu pengaturan serta pula ada plugin yang sehabis di aktifkan langsung bekerja tanpa butuh di konfigurasi.

  1. Menginstal Plugin WordPress dengan Upload di Admin

Bila Kamu memilah memakai metode ini, Kamu wajib mendownload plugin terlebih dulu lewat direktori plugin WordPress ataupun bila Kamu mau menginstall plugin berbayar ataupun plugin premium seperti. Karna banyak pengembang plugin dan plugin berbayar tidak di listing pada direktori plugin WordPress, maka WordPress mempunyai metode Upload untuk menginstal plugin tersebut. Saya akan menunjukkan metode untuk menginstal plugin WordPress memakai opsi upload di admin area.

Pertama, Kamu perlu men- download plugin dari sumber( file tersebut dalam format zip). Berikutnya, Kamu silahkan masuk ke WordPress admin area serta masuk ke menu Plugins»Add New.

Sehabis itu, klik tombol Upload Plugin di atas halaman daftar plugin di dashboard WordPress Kamu.

Ini akan membawa Kamu ke halaman Plugin upload. Di sini Kamu perlu untuk mengklik tombol Browse serta seleksi file plugin yang telah Kamu unduh ke pc Kamu.

Sehabis Kamu memilah file plugin tersebut, Kamu perlu untuk mengklik pada tombol“ Install Now“. Serta tunggu beberapa saat hingga berakhir proses instalasi plugin. WordPress sekarang akan meng- upload file plugin dari pc Kamu serta menginstalnya buat Kamu.

Setelah terinstal, Kamu harus klik link“ Activate Plugin” untuk mulai menggunakan plugin. Seperti yang telah saya jelaskan diatas Kamu bisa segera melakukan konfigurasi plugin jika ada.

Diatas merupakan Panduan Cara Install Plugin WordPress lengkap dengan berbagai cara. Saya harap ini membantu Kamu belajar cara menginstal plugin WordPress. Mudah- mudahan berguna ya.

Yakobus Suhartono Founder dari Goblogpedia.com. Aktif didunia blogging dan merilis produk digital Indonesia yaitu Sablengdigital.com. Saat ini juga aktif menjalankan toko online.

Yuk, berikan komentar positif kamu untuk mendukung situs ini ya