Yakobus Suhartono Founder dari Goblogpedia.com. Aktif didunia blogging dan merilis produk digital Indonesia yaitu Sablengdigital.com. Saat ini juga aktif menjalankan toko online.

Berapa Ideal Kapasitas Hosting WordPress?

1 min read

Ideal Kapasitas Hosting Wordpress

Berapa Ideal Kapasitas Hosting WordPress – Agar sebuah situs website bisa diakses serta menampilkan halaman sebenarnya tidak membutuhkan kapasitas yang besar mungkin cuma membutuhkan kurang lebih 15 sd 100 MB sudah bisa membangun suatu situs website apalagi jika cuma sedikit halaman dengan sedikit konten bisa kurang dari 10 MB.

Kita ambil contoh misal sebuah web dibuat memakai CMS seperti Wodpress ataupun Joomla dimana WordPress 5. 4 hanya sekitar 12. 5 MB dan Joomla 3. 9 hanya sekitar 13. 3 MB saat sebelum di extract, sehabis di extract juga tidak kurang dari 100 MB kok.

Baca juga : Membuat Website Dengan WordPress [Installasi]

Dengan mempunyai website hosting dengan kapasitas 100 MB Kamu telah dapat membuat website dan dapat diakses dengan normal, dengan 100 MB web telah dapat menambahkan beberapa halaman lainnya seperi halaman company profile, produk, layanan serta halaman- halaman lain.

Kemudian apa yang menjadikan website membutuhkan kapasitas harddisk besar? jawaban yang pasti yakni bergantung konten yang mau dimuat dalam web website tersebut, tiap konten dalam web pasti sangat bermacam- macam tergantung dari kebutuhan owner website tetapi paling umum yang membutuhkan kapasitas lumayan besar merupakan jumlah gambar dan audio, video serta file unduh yang dimuat di website. Misalnya saja jika memuat 1 gambar dengan ukuran 1 MB dan berjumlah 200 gambar berarti sudah 200 MB apalagi video yang dapat mencapai ratusan terlebih lagi giga.

Untuk mempunyai kapasitas 100 MB beberapa penyedia website hosting saat ini membagikan harga yang sangat murah dan sudah pasti sangat terjangkau.

Tetapi perlu diingat hal terpenting lainnya selain kapasitas harddisk merupakan bandwith, bandwith merupakan besaran kapasitas kemudian lintas data ketika website diakses, contoh sebagai berikut:

Bila rata- rata ukuran halaman Kamu yakni 30KB serta diakses sebanyak 50. 000 tayangan perbulan maka memerlukan 0. 03Mb* 50. 000= 1. 5GB mengenai hal ini kini sudah banyak penyedia website hosting membagikan bandwith unlimited alias tidak terbatas meski dengan ruang terbatas.

Baca juga : 10 Cara Memilih Hosting yang Tepat untuk Website

Apakah space harddisk kecil bisa mendapatkan bandwith unlimited? jawaban sebenarnya bisa saja bila penyedia website hosting menginginkannya namun rata- rata penyedia website hosting untuk paket space kecil membatasi besaran bandwith, penyebabanya bisa jadi karena berkaitan dengan harga dimana harga yang sedikit mahal saja yang diberikan unlimited bandwith.

Melihat penjelasan diatas, sebelum Kamu membeli website hosting alangkah baiknya memperhatikan hal- hal umum berikut:

  • Berapa kapsitas harddisk.
  • Berapa besaran bandwith.
  • Berapa banyak Addon domain serta sub domain.
  • Berapa banyak MySQL database.
  • Berapa banyak email akun yang bisa dibuat.
  • Apakah dapat melaksanakan upgrade.
  • Bagaimana bila terjadi kelebihan bandwith.

Bagaimana dengan kecepatan web ketika diakses apakah berpengaruh, secara umum kecepatan web tidak ada kaitannya dengan jumlah space serta bandwith, kecepatan banyak dipengaruhi oleh kemampuan server seperti CPU serta RAM dan koneksi pengakses.

Jadi berapa idealnya kapasitas website hosting buat sebuah website hosting wordpress? seluruhnya tergantung dari kebutuhan pengguna terkait dengan konten website yang mau ditampilkan.

Baiklah semoga ulasan ini dapat membantu kamu menemukan berapa space yang cocok untuk pemula ketika akan membeli layanan web hosting dan membuat website dengan wordpress. Tetap semangat 😀

Yakobus Suhartono Founder dari Goblogpedia.com. Aktif didunia blogging dan merilis produk digital Indonesia yaitu Sablengdigital.com. Saat ini juga aktif menjalankan toko online.

Yuk, berikan komentar positif kamu untuk mendukung situs ini ya