Yakobus Suhartono Founder dari Goblogpedia.com. Aktif didunia blogging dan merilis produk digital Indonesia yaitu Sablengdigital.com. Saat ini juga aktif menjalankan toko online.

Cara Menggunakan FB ADS Dengan Benar

1 min read

Cara Menggunakan FB Ads

Cara Menggunakan FB ADS Dengan Benar – Tekhnik marketing dan pemasaran yang kian berkembang, membuat banyak orang mulai tidak ragu dalam mengiklankan produk. Iklan secara daring melalui media sosial, kini mulai banyak di lirik karena pengguna media tersebut cukup tinggi. Dengan menyasar kalangan yang lebih luas, iklan di media sosial, khususnya di Facebook diharapkan dapat memberikan pemasukan yang lebih tinggi.

Namun, tidak semua orang mengerti cara melakukan iklan dengan benar. Banyak kasus iklan yang sudah susah payah dibuat tidak diterima oleh pihak Facebook. Lalu bagaimana cara menggunakan FB Ads dengan benar? Anda bisa mengikuti beberapa tekhnik di bawah ini agar iklan Anda bisa muncul di Facebook.

Gunakan Gambar yang Tepat

Selain teks, gambar menjadi bagian yang penting dan harus Anda perhatikan dengan baik. terdapat aturan penggunaan FB Ads yang mungkin Anda belum tahu. Dalam sebuah iklan, komposisi yang disarankan oleh Facebook adalah 80 persen tulisan, dan sisanya merupakan gambar.

Walaupun memiliki presentase yang lebih kecil,ia bisa mempengaruhi toleransi jangkauan pembaca. Pakailah gambar yang jernih, menarik, dan sesuai dengan apa yang Anda iklanklan. Sebagai makhluk visual, hal pertama yang akan dilihat oleh pembaca adalah gambar.

Buat Target

Anda bisa memanfaatkan salah satu fitur FB Ads yang menunjang iklan, yakni relevance score. Dengan menggunakan fitur ini, Facebook akan memberikan relevansi terkait iklan yang sudah Anda buat terhadap target pembaca yang sudah Anda bidik.

Terdapat rentang nilai yang diberikan oleh fitur tersebut, dari angka 1 sampai 10. Meskpiun membantu, ia tidak bisa memastikan iklan yang Anda tayangkan benar-benar berhasil. Namun cara menggunakan FB Ads dengan relevance score sebaiknya tidak diacuhkan. Usahakan nilai yang Anda dapatkan nantinya bisa melebihi angka enam.

Jangan Promosi Konten yang Dilarang

Sebelum memasang iklan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu peraturan pembuatannya. Beberapa konten ditetapkan sebagai jenis terlarang dan tidak boleh di promosikan. Misalnya, narkoba, produk yang menggunakan tembakau, konten dewasa, suplemen yang tidak memenuhi standar, serta barang-barang ilegal.

Ketika membuat teks iklan, selalu gunakan kalimat yang sopan, menarik, dan tidak menyudutkan pihak tertentu. Sebab, penggunaan kata-kata yang tidak senonoh bisa membuat iklan Anda ditolak. Jika menggunakan video sebagai pendukung iklan, jangan menggunakan animasi yang bisa dijalankan secara otomatis.

Cek Email Secara Berkala

Apabila Anda membuat iklan dan terus ditolak oleh pihak Facebook, mungkin cara menggunakan FB Ads dan proses kreatif dari iklan tersebut tidak memenuhi standar yang ditetapkan. Selalu cek email Anda secara berkala untuk melihat apakah Anda mendapatkan teguran, ataupun keputusan yang ditetapkan oleh Facebook setelah mengirim iklan.

Jika ditolak, Anda bisa mengedit iklan Anda terlebih dahulu untuk kemudian dikirimkan ulang. Selalu simpan semua perubahan yang sudah Anda lakukan, dengan begitu secara otomatis iklan Anda akan masuk sebagai iklan tahap review. Anda hanya tinggal menunggu pemberitahuan lebih lanjut untuk melihat apakah iklan diterima.

Dengan mengikuti beberapa langkah cara menggunakan FB Ads tersebut, iklan yang Anda buat minimalnya tidak mengalami revisi dan bisa lolos tahap review Facebook. Bersabarlah untuk menunggu hasil iklan tersebut, sebab Facebook sendiri membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga hari dan mengambil 10 ribu impresi untuk melihat apakah iklan tersebut diterima oleh publik. Oleh karena itu, jangan terburu-buru dan menginginkan efek yang cepat. Selamat mencoba!

Yakobus Suhartono Founder dari Goblogpedia.com. Aktif didunia blogging dan merilis produk digital Indonesia yaitu Sablengdigital.com. Saat ini juga aktif menjalankan toko online.

Yuk, berikan komentar positif kamu untuk mendukung situs ini ya