Yakobus Suhartono Founder dari Goblogpedia.com. Aktif didunia blogging dan merilis produk digital Indonesia yaitu Sablengdigital.com. Saat ini juga aktif menjalankan toko online.

10 Cara Memilih Hosting yang Tepat untuk Website

2 min read

Cara Memilih Hosting yang Tepat – Saat sebelum membangun suatu web, tidak hanya mencari nama Domain yang bagus saja namun kita pula wajib memakai Hosting yang bagus juga. Sebab hosting ini lah yang nantinya hendak jadi rumah buat web kamu di internet. Karna itulah, kita butuh berhati- hati memutuskan pilihan hosting terbaik buat membangun web.

Hosting sendiri merupakan tempat buat menyipan informasi serta file secara online seperti script, foto, video, serta database yang dapat kita akses serta dikelola melalui internet menggunakan komputer ataupun smartphone.

Baca juga : Tips Memilih Web Hosting Terbaik untuk Kebutuhan Website

Disini, kami bakal sedikit berbagi mengenai Bagaimana Teknik Memilah Hosting Yang Pas buat blog ataupun web. Terdapat banyak hal yang butuh dicermati saat sebelum memilah hosting.

Tanpa basa- basi lagi, langsung saja. Berikut faktor- faktor yang wajib kamu tau saat sebelum menentukan pilihan hosting.

10 Cara Memilih Hosting yang Tepat

  1. Reputasi Peyedia Hosting Harus Baik

Terdapat puluhan penyedia hosting lokal serta ratusan penyedia diluar sana yang menawarkan bermacam- macam fitur, promo serta harga yang menarik buat produk hosting mereka.

Saat sebelum kamu membeli hosting, yakinkan jasa penyedia hosting yang kamu seleksi mempunyai reputasi yang baik yang ditandai dengan umur penyedia hosting yang telah lebih dari 3 tahun serta mempunyai banyak review serta testimonial positif.

  1. Harga

Sesudah mendapatkan list penyedia hosting terbaik, berikutnya kamu dapat menerapkan komparasi harga baik dari hosting lokal ataupun luar. Sesuaikan dengan budget serta kebutuhan kamu. Silahkan cek harga tiap hosting, serta jangan lupa pastikan selalu mengecek promo yang mereka tawarkan.

  1. Type Hosting

Berikutnya merupakan mengetahui jenis hosting yang diperlukan. Terdapat 3 jenis hosting yang sangat banyak digunakan ialah Share Hosting, VPS( Virtual Private Server), serta Dedicate Server.

Buat kamu yang baru mau mambangun web serta besaran trafik yang masih terbilang kecil, Share Hosting dapat jadi opsi yang pas. Tetapi apabila jumlah pengunjung telah mencapai sampai 1 juta perbulan, kamu wajib pindah ke VPS ataupun dedicate server.

Baca juga : Apa itu Share Hosting dan Fungsinya?

  1. Kapasitas penyimpanan serta Bandwidth

Berikutnya masuk ketahap penentuan kapasitas yang nantinya hendak digunakan. Disini kamu wajib tau, berapa kira- kira kapasitas yang nantinya hendak kamu butuhkan. Serta pastikan kamu

mendapatkan bandwidth yang unlimited. Sebab bila memperoleh bandwidth yang terbatas, maka bila nantinya jumlah bandwidth melebihi batasan yang didetetapkan web kamu jadi tidak dapat diakses.

  1. Fitur Hosting yang didapatkan

Langkah berikutnya merupakan melihat fitur apa saja saya yang nantinya akan kita dapatkan. Beberapa fitur umum yang harus ada seperti cPanel, layanan SSL Free, Back up setiap hari serta sebagainya. Pastikan hosting yang kamu pakai mempunyai fitur yang lengkap supaya tidak menyesal nantinya.

  1. Mutu Server

Saat sebelum memastikan pilihan, kamu wajib mengenali mutu server dari layanan yang hendak digunakan. Mengenali mutu serta spesifikasi server merupakan kewajiban yang wajib kamu tahu.

Perihal ini meliputi lokasi server, prosesor yang digunakan, kapasitas RAM, type hardisk, serta kecepatan jaringan. Perihal ini dimaksudkan supaya web kamu memperoleh uptime serta page load time yang cepat.

  1. Mutu Layanan Support

Berikutnya kamu pula wajib mencari penyedia jasa hosting dengan pelayanan customer support 24 jam yang profesional buat menanggapi serta membantu permasalahan yang mungkin terjadi.

Berikutnya, perhatikan pula gimana kamu bisa menghubungi mereka. Layanan yang baik wajib sediakan banyak metode komunikasi seperti email, live chat, tiket bantuan, WhatsApp ataupun panggilan telepon.

  1. Kualitas Sistem Keamanan

Tiap provider layanan hosting pastinya selalu memberikan pelayanan sistem keamanan yang terbaik. Pastikan penyedia hosting memakai aplikasi Original serta up- to- date. Memilih hosting yang terpercaya serta direkomendasikan.

Sebaliknya dari sisi pengguna, pastikan kamu senantiasa memakai plugin ataupun tema original serta tidak menginstall script yang bisa membahayakan web kamu.

  1. Tata cara Pembayaran

Pastikan kamu memilah layanan hosting yang tata cara pembayarannya gampang digunakan. Karena pastinya bakal merepotkan apabila kamu memilah penyedia hosting yang pembayarannya merepotkan serta lama.

  1. Garansi Uang Kembali

Yang terakhir yakni garansi uang kembali. Dengan terdapatnya sarana garansi uang kembali yang diberikan oleh penyedia layanan hosting. Hal ini berarti, penyedia layanan berani menjamin kepuasan pelanggan.

Hampir tiap penyedia layanan hosting sediakan kebijakan ini. Hanya saja, ketentuan serta syarat yang ditetapkan berbeda. Pastikan kamu tidak memilah layanan dengan syarat yang menyesatkan.

Itu dia 10 cara memilah hosting yang tepat untuk web kamu singgah. Mudah- mudahan dengan 10 poin diatas dapat membantu kamu buat memperoleh layanan hosting terbaik sesuai dengan kebutuhan kamu.

Yakobus Suhartono Founder dari Goblogpedia.com. Aktif didunia blogging dan merilis produk digital Indonesia yaitu Sablengdigital.com. Saat ini juga aktif menjalankan toko online.

Yuk, berikan komentar positif kamu untuk mendukung situs ini ya